Selasa, 02 Oktober 2018

Jajanan Kekinian, Thiwul Ayu Mbok Sum

Di zaman sekarang ini yang serba kekinian, makanan tradisional makin di tinggalkan, begitu pula dengan thiwul, camilan desa yang menjadi makanan pokok pengganti beras.

Namun tidak jika kamu liburan ke Jogja. Makanan ini masih di favoritkan, bahkan diburu wisatawan. Thiwul Ayu Mbok Sum yang terletak di Jl. Mangunan km 4,5 Dlingo, Mangunan, Bantul.




Bahan dan cara untuk membuat thiwul ini yaitu tepung gaplek dan kelapa parut. Tepung gaplek yang di dapatkan dari para petani ketela di kawasan Dlingo yang sebelumnya masih kasar, di giling ulang. Setelah halus, Tepung tersebut di campur dengan bahan l;ainya dan kemudian di kukus selama kurang lebih 5 menit. Pengukusannya pun masih mempertankan cara tradisional menggunakan tungku kayu bakar.

Cita rasa dari makanan yang satu ini adalah manis, gurih, dan teksturnya lembut. Maka tak heran, warung oleh-oleh yang berada di tepi jalur menuju pinus kebun Mangunan ini yang selalu ramai pembeli.

Thiwul Ayu Mbok Sum memiliki beberapa varian rasa yakni rasa gula jawa, coklat keju, dan gula pasir. Satu kardus tiwul seharga Rp. 5.000 - Rp. 8.000. Daya tahan makanan yang satu ini tidak terlalu lama, yakni 24 jam karena memang tidak menggunakan bahan pengawet.

Ayoo gaes buruan cicipi Thiwul Ayu Mbok Sum ini...







1 komentar: