Jumat, 14 September 2018

Sate Lalat Lezat Bikin Ketagihan


Kalau kalian berlibur ke Pulau Madura tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas dari Kabupaten Pamekasan,. Kabupaten yang bersebelahan dengan Kabupaten Sampang di sebelah barat dan Kabupaten Sumenep di sebelah timur ini memiliki makanan unik yaitu Sate Lalat.

Dari namanya saja kalian pasti penasaran kan bahkan terdengar aneh.
Jadi sebenarnya, Sate Lalat ini di ambil dari kata, Lala' dalam bahasa madura atau sering di sebut dengan Sate Laler. Meskipun namanya Sate Lalat bahan yang digunakan sama sekali tidak menggunakan lalat tapi bahan yang di gunakan daging ayam dan juga bisa daging kambing  dengan ukuran yang kecil seukuran lalat. Ukurannya yang kecil ini membuat sate khas Pamekasan tersebut berbeda dengan sate yang di jual pada umumnya.



Proses pembuatan bumbunya, tidak sama dengan sate-sate biasa. Sate Lalat ini tidak menggunakan kacang goreng, tapi menggunakan kacang yang terlebih dahulu di sangrai lalu di masak dengan air setelah itu di haluskan.

Agar sate tidak mudah gosong, sate yang telah di tusuk sebelumnya di celupkan ke dalam minyak goreng. Proses pemanggangan juga tidak bisa terlalu lama dan terkadang untuk menciptkan aroma yang khas dan nikmat penjual Sate Lalat membuat kecapnya sendiri. Jadi jangan heran kalau rasanya berbeda dengaan sate pada umumnya.

Satu porsi Sate Lalat berisi 25 tusuk dan setiap tusuknya di isi 3 potongan daging. Biasanya di nikmati dengan menggunakan nasi hangat atau lontong. Harga untuk satu porsi sate lalat dan nasi sekitar Rp.13.000. 

Jadi jangan lupa, kalau kalian berlibur ke Pulau Madura tepatnya di Kabupaten Pamekasan untuk mencicipi Sate lalat ini yaa.....


1 komentar: